BannerBerita

Kronologis Kematian Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Sopobutar

Puskesmas Sopobutar

SIDIKALANG, 26 Februari 2022

Saya atas nama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi menyampaikan kepada seluruh masyarakat ataupun pasien atas berita pelayanan kesehatan ibu hamil di Pardomuan, Kecamatan Siempat Nempu Hilir Kabupaten Dairi.

Perlu kami informasikan bahwa pada hari Jumat, 25 Februari 2022 pukul 06.30  WIB ada ibu hamil atas nama Ny LS dengan kehamilan anak kedua yang akan melahirkan ke Praktek Mandiri Bidan. Pasien dilayani dan dilakukan pemeriksaan fisik oleh bidan hasilnya kaki dan tangan bengkak serta belum ada tanda-tanda persalinan. Oleh bidan pasien diminta untuk pulang dan istirahat di rumah menunggu ada tanda-tanda persalinan. Suami pasien menghubungi bidan untuk memberitahu bahwa pasien merasa kesakitan namun belum ada tanda persalinan. Hingga pada pukul 21.03, pasien kembali dibawa ke Praktik Mandiri Bidan.

Namun sesuai hasil pemeriksaan oleh bidan pasien dirujuk ke Puskesmas dan tiba di Puskesmas pukul 21.42 dengan keadaan wajah, kaki dan tangan bengkak serta sesuai keterangan bidan bahwa pasien mengalami tekanan darah tinggi. Oleh petugas Puskesmas Sopobutar pasien diberikan bantuan Oksigen karena pasien sesak nafas dan gelisah sehingga segera diputuskan untuk dirujuk ke RSUD Sidikalang. Sebelum memasuki Puskesmas Keliling, pasien pucat dan kehilangan kesadaran hingga kembali diperiksa di Puskesmas. Pasien mengeluarkan buih dari mulut dan hidung, bidan memeriksa denyut jantung janin tidak lagi terdengar dan nadi pasien tidak lagi teraba.

Selanjutnya pasien dinyatakan meninggal dunia. Atas hal tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi telah  menurunkan tim untuk melakukan audit maternal serta pembinaan terhadap Bidan yang bersangkutan. Kami selalu berupaya untuk melaksanakan pelayanan sebaik mungkin, namun kami punya keterbatasan. Bupati Dairi terus meminta dan mendukung agar seluruh pelayanan kesehatan berjalan maksimal dan lebih baik. Semoga atas dukungan pimpinan pemerintah kabupaten Dairi, maka pelayanan ke depan akan semakin baik lagi. Semoga ketidaknyamanan masyarakat akan hal ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

Demikian kami sampaikan, semoga komitmen kami untuk terus dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dapat terwujud.

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button